Jelang “Final”

Beneran ga berasa. udah masuk 10 hari terakhir ramadhan. evaluasi hingga hari ini adalaaah ibadahnya keteteran, tilawah ketinggalan jauh berapa juz😦 syukurnya taraweh ga tinggal kecuali datangnya tamu bulanan, tapi beberapa kali tarawehnya kemaleman. Huaah.. harus makin kenceng nih menjelang detik-detik akhir. 10 hari tuh ga kerasa loh.

Ingin sharing perjalanan hari ini. seperti biasa, saya pake angkutan umum, damri. di sebelah saya duduk seorang bapak. lalu kami ngobrol. awalnya cuma nanya turun dimana, kuliah apa kerja, kemudian bapak tersebut (lupa nanya namanya bapak) cerita, sedang menangani proyek pembangunan sekolah terintegrasi di salah satu desa tertinggal di Garut. tujuannya tentu untuk memfasilitasi penduduk di desa tertinggal yang ingin sekolah, karena kita tidak bisa selalu mengandalkan pemerintah, pertama karena mereka sibuk mengurus diri, kelompok sendiri, kedua karena banyak yang harus mereka urus; diri dan kelompok mereka sendiri. Tujuan lainnya juga untuk mengatasi masalah pemurtadan yang sering terjadi di daerah pinggiran. sebelumnya sudah ada di Sukabumi, dan daerah lain, tapi belum sebesar proyek yang di Garut ini. pembangunannya tidak banyak menggunakan jasa pekerja komersil, kalau bisa saya bilang begitu, pembangunan proyek ini banyak di bantu oleh TNI. selain pembangunan dalam arti program kerja, maksud pembangunan ini, ya bener membangun, mendirikan gedung sekolah. lalu ada juga relawan lainnya yang berasal dari muslim social worker. Begitu juga dengan pengajar, mereka adalah para relawan yang semata-mata bekerja untuk Allah, begitu kata bapak. Nah, ini perkataan bapak yang paling apa ya, “jleb” untuk saya. Bekerja untuk Allah. hmm.. apa saya sudah benar bekerja untuk Allah, atau hanya untuk mencari dan mengumpulkan kebaikan duniawi saja?

Jelang “final” nanti apa yang sudah saya persiapkan. Final akhir ramadhan, apakah ibadah saya akan tetap konsisten nantinya. Final kehidupan, apakah saya sudah punya cukup amal yang akan memberatkan timbangan kebaikan saya nanti di hari perhitungan.

*semoga Allah selalu menjaga saya, keluarga, sahabat, kita semua, agar tetap berada di jalan-Nya.

2 thoughts on “Jelang “Final”

Leave a Reply

