patas odong-odong

Baiklah, mari kita cerita tentang public transportation lagi.
cerita pertama, saat itu saya pulang dari kota tetangga, cirebon, pergi dan pulang menggunakan angkutan yang sama. angkutan yang tersedia ada dua, yaitu bis dan elf (saya ga tau ini tulisannya yang benar bagaimana, jadi sejenis mini bis gitu). saya menggunakan bis, dengan judul bis patas, maksud hati biar bisa nyantai duduk dan tidur, karena lumayan capek dan lama menunggu bisnya lewat.  saya tidak ke terminal, karena kalau ke terminal harus mutar jauh lagi, jadi saya menunggu di pinggir jalan. singkat cerita, setelah 30 menit, muncul bisnya, walaupun bukan bis yang saya nanti-nanti, tapi daripada lama lagi saya stop bis merah ini. sayang sekali saya dapat kursi di sebelah supir, ga nyaman, (kalau naik delman sih asik kayanya sebelah supir),  karena tiap supir ganti gigi mesti saya kesenggol. mau tidur juga ga bisa, silau kena matahari. akhirnya saya dapet kursi yang semestinya, karena ada penumpang yang turun.
Di tengah perjalanan, dekat sumedang, bis berhenti, ga jelas berhenti kenapa. supir dan kondekturnya pun ga ngasi pengumuman ada perihal apa ini bis berhenti,  bukan di tempat pemberhentian bis pula. 20 menit lewat, mba di sebelah saya udah ngomel-ngomel, ngomporin saya dan si ibu belakang kami buat pindah bis kalo emang bisnya mogok, dan lain-lain. kemudian, si mba, saya, dan si ibu, turun, nanya dulu ke kondektur, katanya bisnya kepanasan (dikipasin dong, oh bukan dikasi air), lalala, bilang udah mau jalan karena takut penumpang bakal pindah. oke, ga lama kita jalan lagi. sepanjang jalan si mba sebelah saya pun cerita plus ngomel, dan memukulkan tanggannya ke kaca mobil saking kesalnya. dia bilang, “ini nih patas odong-odong, saya sebenarnya udah feeling bakal lama nyampenya”. ah teman, ini bis jalannya sungguh lambat bin lelet, saya geregetan. perjalanan yang seharusnya bisa ditempuh 3 jam itu juga kalo macet jalannya , harus dilalui dengan waktu 4jam! si mba pun membandingkan angkutan di jawa barat dan jawa timur.  si mba bilang begini “kalo naik angkutan di sini suka buang waktu lama.  kalo di sana jalan cepat, bis nyaman. patas emang patas, ga ada yang berdiri di dalamnya, kalau pun ada itu juga mungkin cuma satu orang, dan biasanya kalo kenal ama supir atau kondektur”. ya terus terang saja, supir di jawa timur kalau bawa mobil, wah kilat banget. pengalaman saya  naik bis dari pasuruan ke surabaya. Eduun lah! memang lebih cepat. dari surabaya ke malang, ga perlu nunggu bis lama untuk ngetem, langsung capcus. dan seingat saya memang ga ada yang berdiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s