nasi kuning ikan

Sabtu malam lalu, hp berbunyi tanda sms masuk, isinya si sahabat saya, ndut, menyuruh untuk datang ke rumah sahabat saya yang lain, mput, minggu jam 8 pagi. Karena saya yakin dia ga kan mungkin datang jam segitu, lantas saya pun sengaja datang lebih lama, jam 9.45 baru sampai di rumah mput. Dan ternyata benar kan, dia baru datang jam 11 “-_-
Berawal dari obrolan seputar sarapan pagi, lalu salah satu sahabat, ya si ndut ini, mengajak saya untuk bikin nasi kuning dengan  variasi lauk beda dari yang biasanya. Maka kemarin jadilah percobaan masak nasi kuning dengan lauk serba ikan plus salad dan macaroni kukus.
Tadinya bingung karena belum pernah masak nasi kuning sendiri, pas di rumah juga lupa nanya ke emak, tapi daripada gagal bikin nasi kuning, saya mengirim sms ke mamah, ga lama mamah nelpon dan menjelaskan rangkaian cara kerjanya. Sip! Sudah saya ingat, dan memang ga rumit kok. Setelah resep didapat, kami mulai beraksi di dapur. Menyiapkan bumbu nasi kuning, motong-motong bahan masak untuk salad, macaroni dan yang paling repot adalah mengolah si ikan. Cukup bingung ini ikan mau diapain, nasi kuning dengan lauk ikan? Rasanya saya belum pernah makan, biasa juga lauknya telur, ayam atau abon. Akhirnya ikan difilet, dicacah, dan dimasak seperti nugget, berhubung ndut membeli tiga jenis ikan, jadi harus dipisah tempatnya dan divariasi juga adonannya. Saya masak ikan krapu, krapu dicampur terigu, dicelup ke kocokan telur, lalu digoreng. Mput kebagian mengolah ikan patin dan ikan ekor kuning. Ikan patin dicampur dengan tahu yang sudah dihancurkan lalu dibungkus dengan kembang tahu dan digoreng, sedangkan ikan ekor kuning tanpa campuran apa-apa, dibungkus dengan kembang tahu lalu digoreng. Ndut kebagian mengolah tahu yang dihancurkan, dicelup ke dalam telur kocok lalu digoreng.
Nah… sebelum ndut menggoreng, terjadi kejadian heboh! Saat berdiri dari duduknya, entah kenapa ndut tiba-tiba jatuh, pecah satu mangkok berisi kocokan telur, dan bahan masakan yang lain berhamburan. Ckckck.. bisa dibayangkan? Ndut sesuai dengan namanya, benar-benar ndut jatuh nyaris tengkurep =))
Campuran salad cukup sederhana, hanya wortel, kol, dan tentu saja mayonnaise. Bahan untuk macaroni kukus, ada bawang Bombay yang ditumis, kentang, brokoli, dan macaroni, disiram kuah susu, plus taburan keju.
Acara masak-masak beres tiga jam kemudian, kami mulai masak sekitar jam 12, haha.. lama banget di dapur. Saat itu ada dua teman datang, pas sekali jadi ada yang mencicipi masakan kami, semoga mereka sehat-sehat saja setelah makan, hehe. Setelah dirasa-rasa. Mmm.. rata-rata makanannya kurang garam.. hehehe, dan dari semua olahan ikan, olahan ikan punya saya yang dinilai lebih baik dari yang lain. ;p tanggapan negatif muncul dari sahabat saya, “ahh ini entah olahannya yang enak atau emang ikannya yang enak, jadi diapain aja tetep enak” aahh.. kalian sirik aja deh. Haha. Sayangnya tidak ada dokumentasi. Tapi percayalah, kami benar-benar memasaknya😀

2 thoughts on “nasi kuning ikan

Leave a Reply

