kau yang telah pergi

Semua yang bernyawa pasti akan mati
Dia orang kedua yang “pergi” di keluarga besar saya dari sebelah ibu setelah ayah saya. Anak dari adik ibu saya.
Masih muda, tumpuan dan harapan keluarga karena dia anak pertama dan laki-laki pula. Orang yang gak pernah nolak kalo dimintain tolong, ato disuruh oleh orang tua.
Meninggal karena kecelakaan di perjalanan menuju rumahnya dari bandung ke cikampek. Diserempet atau terserepet gak jelas, oleh motor lagi, dan si motor itu kabur. Ibu dan teteh saya sudah nangis dan histeris ketika mendengar berita ini. Saya masih diam saja, masih tidak percaya dan berharap sodara saya salah mengabarkan berita, anggapan saya malah bisa saja dia koma. Intinya masih berusaha untuk tidak percaya.
Malam itu saya beserta ibu dan teteh pergi ke rumah sakit kota baru parahyangan. Sebelum berangkat saya menelpon sodara lagi untuk memastikan keadaan adik saya ini, dan ternyata dia memang sudah pergi, kembali kepada pemilik sebenarnya.
Sedih, sudah pasti. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana ibunya, karena saya tau ibunya sangat sensitif sekali dengan hal-hal begini, paling cepat nangis. Dan yaa ibunya sangat histeris, menurut saya. Wajar sih, satu-satunya anak laki-laki yang diharap.
Tahapan yang paling bikin “kasuat-suat” [istilah sahabat dan paman saya] alias yang paling bikin hati tersayat-sayat ketika berada di pemakaman. Sudah tidak bisa menahan air mata. Ingat juga, nanti diri ini akan berada disana. Sendiri. Sudah berapa banyak tabungan amal yang dimiliki. *sigh… semoga almarhum diterima ibadah iman islamnya. Aamiin …
Perjalanan hidup ini tak pernah kita tau akan berakhir di mana dan bagaimana. Selalu berusaha untuk membenahi diri untuk kehidupan dunia akhirat.
*senin 12 april 2010

2 thoughts on “kau yang telah pergi

Leave a Reply

