Green canyon

Long weekend di awal bulan april bikin kota bandung macet gila. Ya begitulah setiap libur panjang. Penuh dengan orang-orang luar kota bandung yang belanja, jalan-jalan. Saya bersama sahabat-sahabat saya g mau kalah untuk long weekend-an [apa sih..] sudah lama gak jalan bareng jadi kami bikin rencana untuk keluar kota. Tujuannya Green canyon, batu karas, Ciamis.
Berangkat tengah malam, jam 01.00. saya tinggal tunggu jemputan karena arahnya melewati rumah saya. Tiba di Batu Karas subuh sekitar jam setengah 5. solat subuh dulu terus menunggu sunrise, sambil ngeliatin orang-orang foto-foto dengan berbagai gaya yang bikin saya ketawa.
Setelah melihat sunrise, pindah tempat dan melihat orang-orang main surfing-surfing-an. Kenapa saya bilang surfing-surfingan karena ecek-ecek sih papannya bukan make papan surfing beneren, dan sahabat-sahabat saya pun ikutan surfing. Sekitar dua jam disana, lalu kami menuju Green canyon. Melewati aliran sungainya, kecewa karena warnanya tidak hijau, berubag coklat karena musim penghujan dan banjir. Jadilah namanya bukan green canyon tapi brown canyon😀
Menyusuri sungainya menggunakan perahu. Kami menyewa dua perahu karena jumlah kami ada tujuh orang sedangkan perahu itu muatannya maksimal lima orang. Harga satu perahu Rp. 75.000. kurang lebih 3 km dan sampailah di brown canyon eh green canyon. Tempat yang seperti gua karena ada batu-batu dipinggirnya yang hampir menutup sampai ke atas [bisa lihat di gambar]. Perahu pun diparkir, ada dua pilihan, ingin berenang ato sekedar foto-foto saja disana. Oia, saat kami datang sebenarnya kurang tepat, karena musim penghujan dan habis banjir, arusnya jadi cukup deras, batu-batu yang biasa digunakan untuk menyusuri gua itu tidak terlihat. Walhasil harus berenang kalau ingin menyusuri gua itu. Ada biaya tambahan kalau ingin berenang, karena cukup beresiko jadi kita akan dibantu sama bapak-bapak yang pemandunya lah, kami dikenai biaya Rp. 200.000 untuk dua kapal. Sudah nego-nego itu, tapi tidak bisa turun lagi. Ya sudah, sepakat dengan harga segitu.
Haah.. sebenarnya saya tidak bisa berenang agak ketar-ketir juga takut hanyut ato kelelep ato lainnya, dikasih pelampung sih, jadi aman cukup aman. Melawan arus, kebentur-bentur dengan batu-batu, air masuk hidung. Hahaa.. Tidak lupa berfoto! kalo diliat fotonya jadi seperti korban banjir😀. Yang motoin juga si bapaknya. Kamera itu gak mungkin dibawa sendiri jadi dimasukin dalam plastik, dan dibawain ama bapaknya, secara tu bapak udah fasih banget dah berenangnya, menguasai medan! Jadi kamera bisa selamat gak akan ikutan berenang juga. Hasil foto emang sedikit kurang bagus karena kameranya kena air, walau dibawa si bapak tetap kena percikan air, sedikit banyak mah. Terakhirnya kami sedikit seperti wall climbing gitu dan duduk diatas batu yang seperti kolam karena ada genangan air disana. Pulang lagi ke perahunya tinggal ngikutin arus saja.
Seru lah! Lebih seru lagi kalo airnya hijau beneran kerasa green canyon-nya. Disarankan yang pada mau jalan-jalan ke green canyon ini bulan juni, juli, airnya beneran warna hijau. Bagus dah! Dan gak perlu susah berenang dan melawan arus😦
Setelah dari green canyon ini, kami pulang. Perjalanan pulang biasanya terasa lebih cepat, tapi tidak dengan perjalanan pulang ini. Lebih santai jalannya, mungkin itu yang bikin lebih lama, dan ditambah pula macetnya ketika berada di arah menuju nagreg. Huuhh.. satu jam ada tuh disana. Sampai-sampai supirnya tidur karena mobil gak jalan-jalan.
Besok paginya, saya liat di dengkul ada lebam warna biru, akibat benturan dengan batu waktu berenang di sana. Ternyata ada kenang-kenangan yang sangat berbekas.

*perjalanan tanggal 4 April 2010

6 thoughts on “Green canyon

  1. itu kolam pengabul keinginan tuh.. :)) ga banget dah si mang.. :p
    kereeeeennn.. suka jalan2 kesana.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s