le grand voyage

Seminggu ini tidak ada pekerjaan yang sangat “penting”, hanya menunggu hari selasa [6 april 2010] untuk mengambil hasil koreksian draft usulan penelitian saya. sambil menengok si tanaman-tanaman itu tentunya. lumayan suka bengong kalo nyampe rumah, memutuskan untuk meminjam film saja ke teman. pas sekali ada film public enemies, saya belum pernah nonton film ini. dan satu lagi ada film le grand voyage. bagus kata teman saya. jadi saya membawa dua film ini ke rumah.
Public enemies saya putar, hmm… beberapa menit, dan.. kok saya g begitu suka dengan filmnya. berlatar jaman dulu pula kan. g tau deh. saya g begitu tertarik dengan ini. dulu juga pernah bareng temen nonton film finding neverland. kata temen saya bagus. tapi ya begitu, saya g begitu suka. saya keluarkan dvd nya, ganti dengan le grand voyage.
Awal fillm…oke. cukup mbuat penasaran. ada seorang ayah yang mau pergi ke Makkah untuk naik haji, minta dianter sama anaknya pake mobil ajja! dan mereka berdomisili di Perancis. what a long journey! tadinya si ayah minta diantar oleh kakaknya tapi karena ada kecelakaan dan SIM kakak dicabut izinnya jadi diganti sama adeknya, Reda. sebenarnya Reda gak mau nganter, males-males gitu, tapi karena ayah memaksa jadi pergi juga dia. sepanjang perjalanan banyak kejadian. Pastilah. mereka menempuh perjalanan sepanjang 5000 km. melewati berapa negara tuh, saya gak apal peta nih, yang keinget ayahnya nyebut, mereka lewat Italia, Kroasia, Yugoslavia, nyebrang terus masuk Syiria, terus apa lagi saya gak tau.
Reda itu suka kasar omongannya kalo ngobrol ama si ayah. luar biasa kasar lah kata saya mah, tapi ayahnya sabar banget. paling-paling ngediemin kalo reda nanya sesuatu. sampe satu titik karena suatu kejadian Reda mulai memahami arti perjalanan ini. Endingnya mereka sampai juga di Makkah, dan ayah bisa berhaji disana. tapi.. hmm ini namanya happy ending ato sad ending, bingung juga, mungkin sad ending. Endingnya, Reda pulang sendiri ke Perancis. Karena apa? karena, nonton aja deh filmnya🙂

5 thoughts on “le grand voyage

Leave a Reply

