Bukti Cinta

“neng-nengnya juga ikut nanti” begitu kata ibu yang memberikan undangan acara untuk malam jumat, acara Muludan alias maulid Nabi. Niat saya pengen ikut datang bersama dengan ibu dan teteh saya, tapi ternyata tidak bisa ikut karena tiap kamis saya pun memang punya jadwal dan pulang ke rumah akan lebih dari jam 19, sedangkan acara muludan itu mulai ba’da maghrib, jadilah saya tidak bisa ikut.
Tiba di rumah, setelah beristirahat sebentar, saya menyalakan radio dan memilih saluran MQ fm, tidak ikut disana ya setidaknya dengarkan saja dari MQ, biar nambah ilmu juga. Dan, memang tidak ada yang kebetulan, ketika saya mendengar tausiyahnya ternyata sedang membahas tentang Maulid Nabi juga. Judulnya bukti cinta pada rasul. Jadi Ustadnya menyampaikan bahwa ketika kita mencintai seseorang kita harus siap untuk jadi tawanannya, mengikuti segala keinginannya. Begitu pula ketika kita mencintai rasul, ada banyak hal yang harus kita lakukan untuk menunjukkan kecintaan kita kepada Rasul.
Begini kata Ustadnya. Dalam tausiyah ini beliau menyampaikan tiga cara sebagai bukti cinta kita kepada rasul, pertama yaitu saum senin. Jika kita tidak kuat untuk saum senin maka berSalawatlah untuk nabi, ada banyak manfaat dari besalawat ini antara lain beliau menyebutkan dengan bersalawat akan menghapus dosa-dosa kita, bersawalat juga menjadi saksi nabi kepada kita. “perbanyaklah salawat kepadaku (Nabi), pada hari jumat atau malam jumat”. Ada dua hal yang membuat manusia yang meninggal masih utuh jasadnya, pertama orang yang mati syahid, kedua orang yang sering bersalawat.
Ustad menyampaikan juga sebuah cerita nyata sebagai bukti bahwa rasul menjadi saksi atas salawat kita. Suatu malam, jamaah dari ustad ini, laki-laki, bersalawat sambil berdiri dekat salah satu tiang penyangga yang ada di dalam masjid, dari jam 1 malam hingga menjelang adzan awal sekitar jam 3. setelah menjelang adzan awal kemudian laki-laki ini sujud dan berdoa kepada Allah untuk meminta bukti bahwa salawatnya ini disaksikan oleh Rasul. Ketika sujud, ada seseorang yang menepuk pundaknya, lalu laki-laki ini bangun dan melihat seorang pria Arab begitu tampan, dan sorot matanya nyaris membuat silau. Ia kaget dan kembali sujud dan berdoa yang sama, dan saat itu pula kembali ada yang menpuk pundaknya, dan ia pun melihat orang yang sama. Ketika ia mengedipkan mata, pria Arab tersebut menghilang. Subhanallah. Mungkin itu benar adalah rasul. Wallahualam.
Selain itu, salawat juga menyempurnakan ibadah kita, dengan bersalawat pula akan dicukupkan rizki dunia dan akhiratnya. Lalu Ustad kembali menyampaikan suatu cerita, seorang pengusaha di daerah karawang [semoga saya tidak salah]. Pengusaha ini sukses, kemudian Ustad bertanya pada istrinya, apa yang dilakukan oleh sang suami hingga bisa sukses. Istrinya mengatakan bahwa suaminya sering memberi sedekah dengan ramah. Setiap hari jumat atau malam jumat ia bersama karyawan kantornya mengadakan suatu pengajian dan bersalawat untuk nabi, taat kepada orang tua; orang tuanya berpesan bahwa jangan pernah mengkhianati pasangan.
Satu lagi hal yang dapat dilakukan sebagai bukti cinta kepada rasul adalah mencintai masjid. Menjadikan masjid sebagai tempat solat berjamaah.
Inti dari tausiyah ini, Ustad menekankan kita agar rajin dan sering bersalawat untuk nabi. Ada banyak jenis salawat, begitu yang beliau sampaikan. Ada salawat kebahagiaan, siapa yang sudah berumah tangga agar rumah tangganya adem, akur, sering-seringlah membaca salawat bahagia. Sayang saya tidak sempat mencatatnya. Ada juga salawat untuk menuntut ilmu. Lagi-lagi saya tidak keburu untuk mencatat. Lalu akhirnya Ustad berkata untuk membaca buku tentang manfaat salawat, [seolah menjawab keterlambatan saya untuk mencatat salawat-salawat tadi].
Mari bersama belajar mengamalkannya. Semoga manfaat🙂

*catatan malam jumat, 18 maret 2010

2 thoughts on “Bukti Cinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s