semarang-demak

Sabtu pagi 13 pebruari 2010, pukul 03.40 saya sampai di rumah setelah menempuh perjalanan panjang selama lima hari. Bandung-Semarang-Malang-Jogjakarta. Perjalanan dalam rangka fieldtrip ato sejenis study tour kalo jaman SMA dulu.
Ingin berbagi cerita perjalanan saya.

Semarang
Berangkat dari jatinangor sekitar pukul 21.30. padahal saya dan sahabat saya dan bersama ibu saya yang mengantar sudah ada di tempat dari pukul 19.00. Ahh memang lah ya.. susah kali orang-orang ini. [dan saya juga harus belajar menghargai waktu].
Perjalanannya lewat jalur utara, melewati sumedang, majalengka, jati wangi, jati tujuh, cirebon, sampai akhirnya kami beristirahat untuk solat subuh, bebersih, dan sarapan di daerah kendal. Terasa perbedaan suhu dengan daerah sekitar bandung yang dingin, sejuk. Pagi hari di kendal, dengan suhu yang lebih tinggi dan sudah mulai terasa ada panas-panasnya. Setelah sarapan, kami melanjutkan perjalanan menuju PT Sinar Sosro di kota semarang. Dari kendal ke semarang kurang lebih dua jam. Turun dari bis, lagi-lagi mataharinya terasa menyengat. Haduh.. payah banget ya yang tinggal di bandung. Agak rewel kalo dapat panas-panasnya semarang. Masuk ke suatu ruangan pertemuan dan dapat welcome drinknya teh botol sosro yang dingin. Cukup menyejukkan suasana luar yang panas. Dipandu oleh seorang mba bernama dwi. Orangnya rame dan asyik, dia juga yang mempresentasikan tentang PT Sinar Sosro. Lalu kami dibawa ke pabriknya, tempat pengisian produk-produk sosro, khususnya teh botol sosro. Tidak diperbolehkan mengambil gambar. Jadi tidak bisa bereksis-eksis ria di dalam pabriknya. PT Sinar sosro ini merupakan perusahaan keluarga. Sampe sekarang sudah masuk ke generai ke yah saya lupa. Ke empat kalo tidak salah. Jadi sekarang sedang mempersiapkan pemimpin perusahaan untuk generasi ke lima, seorang laki-laki masih muda, sangat muda, yang sedang menempuh SMA di negeri paman sam sana ^0^.
Di pabriknya liat botol-botol dibersihkan. Canggih gan. Kotoran sekecil apapun keliatan, ada sensornya gitu. Jadi botol yang kotor itu langsung memisahkan diri dari barisan-barisan botol yang bakal dimasukkan air teh. Oia. Tehnya beneran gak pake bahan pengawet, pewarna, dan perasa. Kata si mba dwi itu coba dibuktikan dengan cara begini: teh yang asli tanpa 3P itu hanya akan bertahan selama 4 jam setelah dibuka. Lebih dari 4 jam tehnya akan basi, ciri teh basi, baunya tidak enak, warnanya pekat, dan berbuih. Jadi coba buka teh botol sosro dan diamkan selama 4jam di udara terbuka. Baru tau nih saya, sebenarnya salah tuh kalo ada mang-mang yang jualan teh botol sosro terus buka tutup botolnya gak pake pembuka tutup botol tapi pake botol yang lain [kebayang gak?], jadinya botol yang lain itu tutupnya akan merenggang dan udar luar bisa masuk dan bisa menyebabkan tehnya basi.
Selesai nih jalan-jalannya dari PT sosro. Lagi-lagi sayang tidak bisa ngambil foto disana. Dan saya pun tidak berfoto-foto di luarnya, tidak fokus karena panas. Heu😀 oh baru ingat. Ada foto pas baru banget turun dari bis, difoto ama tukang foto dari sosronya.
Perjalanan dilanjutkan ke Demak, penangkar buah tropis. Disuguhi snack dan beberapa jenis buah: lengkeng, jambu air. Tampaknya disini saya semakin tidak fokus, karena semakin panas, narasumbernya juga bikin saya ngantuk. Maka saya dan teman pergi menghilang sejenak, pas pula kami belum solat, jadi ke masjid dulu solat sambil ngadem, tapi gak adem juga masih tetap panas ‘-_- lalu kembali lagi ke pendopo [acara berlangsung di sebuah tempat seperti pendopo]. Acara ini berakhir pukul 17.00. dan kami berangkat menuju malang.
Hmm baru inget lagi. Sebelum menuju sosro kami mampir dulu di sebuah klenteng. Ada tempat yang khusus untuk wisatanya dan ada juga untuk ibadahnya. Dan tentu saja kami datang ke tempat wisatanya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s