awal tugas untuk akhir kuliah

Beberapa minggu ke belakang [dan nanti akan jadi ke depan], saya sibuk dengan memikirkan tugas akhir saya. mau buat penelitian apa. sebenarnya dari bulan oktober 2009 lalu, sudah siap dengan tema yang akan diteliti. Tinggal membicarakan dengan pembimbing. bulan november pembimbing saya pergi ke haji, jadi tertunda rencana untuk mengobrol-ngobrol tentang tugas akhir. Semangat sempat menurun sedikit [sedikit saja jangan banyak-banyak]. Yaa.. saya menunggu hingga ibunya kembali ke bandung lagi. cukup lama ternyata, dan ditambah pula kesibukan ibu setelah kembali ke kampus, dan libur menjelang UAS maka belum juga saya bertemu dengan ibunya.
Singkat cerita, januari ini, saya sempat bertemu dan mengobrol bersama ibu, beberapa kali pertemuan. saya sampaikanlah tema untuk tugas akhir saya. Ibunya merespon dengan baik, dan tertarik juga, tapi sayang waktunya terlalu singkat [yaa. terlalu singkat untuk penelitian di pertanian ^^]. Ibunya menganjurkan saya untuk mencari tambahan lain pada tugas akhir ini. Beberapa minggu mencari dan tidak menemukan tambahan ide. lantas saya berpikir untuk mengganti saja temanya.
saya bertemu lagi dengan pembimbing saya, kembali mengajukan tema yang berbeda, dan kembali disetujui lagi. Sip [ujar saya dalam hati]. waktunya mencari literatur dan baca-baca tugas akhir yang punya tema yang sama. belajar lagi memahami prosesnya [proses untuk percobaannya karena saya masih belum paham]. tinggal mencari jenis tanamannya saja. Semangat nih ceritanya.🙂
Ternyata ide pertama saya masih mencuri perhatian dari ibu pembimbing. Kemarin, ya tepat kemarin hari jumat, saya bertemu dengan ibu dalam sidang kolokium teman. Ibunya menyampaikan bahwa dipakai saja percobaan pertama, dan tahapannya ditambah biar lama dan ditambah juga pengamatannya, hingga hasil panen mungkin. Hmm… saya senang sih, ide awal dipake, tapi agak sedikit bingung, beberapa caranya harus saya pelajari lagi karena yang saya tau cara kerjanya tidak seperti itu, ada yang berbeda, tambahan itu yang bikin beda. oh Gee.. saya harus lebih banyak lagi cari literaturnya. ya ya ya ^^)/
jadi ide awal saya itu adalah uji benih terhadap cekaman kekeringan, dan yang kedua itu adalah tentang invigorasi benih. ya begitulah..
semangat slalu untuk semua🙂

Leave a Reply

